Mengenal Lebih Jauh Tentang Audit Manajemen Pemasaran

Sebuah management pemasaran menjadi satu hal yang teramat penting, sukses tidaknya sebuah perusahaan menjalankan bisnis tergantung bagaimana manajemen pemasaran mereka. Sebuah rencana pemasaran menjadi salah satu hal penting dalam mengambil keputusan operasional.

 

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam perencanaan pemasaran yang strategis adalah audit pemasaran. Mungkin tidak semua orang memahami dengan benar apa itu audit manajemen pemasaran, namun Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai audit pemasaran yang bisa menambah wawasan Anda terutama dalam menjalankan sebuah operasional perusahaan bisnis Anda.

 

Apa Sih Audit Manajemen Pemasaran Itu ?

 

Audit pemasaran adalah suatu tujuan sistematis dan formal yang terdapat dalam strategi dan rencana pemasaran yang diambil. Audit manajemen pemasaran ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara internal yang dilakukan oleh bagian pemasaran dan secara eksternal yang dilakukan oleh auditor independen.

 

Sedangkan pengertian dari pengauditan sendiri adalah menguji prosedur dan catatan untuk mengidentifikasi segala permasalahan yang terjadi dalam perusahaan.

 

Tujuan Audit Manajemen Pemasaran

 

Mengenai tujuan dari audit pemasaran adalah untuk mengetahui seberapa baik perusahaan dalam menjalankan konsep pemasaran dan juga untuk menciptakan bilai baik konsumen dalam hitungan laba. Dengan melakukan audit manajemen pemasaran, maka bisa melihat lebih jauh segala  kemungkinan yang terjadi mengenai penjualan sehingga perusahaan bisa lebih berkembang.

 

Pentingnya Audit Manajemen Pemasaran Yang Perlu Anda Ketahui

 

Tidak semua perusahaan melakukan audit pemasaran, karena bagi mereka audit manajemen pemasaran tidak begitu penting dan terkesan ribet. Ini bisa menjadi hal wajar karena kebanyakan yang mau menerapkan audit pemasaran ini adalah mereka yang sudah banyak mendapatkan sesuatu yang salah terutama dalam proses pemasaran.

 

Adapun masalah yang sering muncul seperti penurunan penjualan, berkurangnya pangsa pasar, penurunan laba dan kapasitas produksi yang tidak bisa digunakan secara optimal. Jika sudah seperti ini maka barulah mereka akan berusaha memperbaiki segalanya dengan audit manajemen pemasaran, padahal jika sudah seperti itu cukup sulit untuk dapatkan posisi yang stabil atau posisi yang baik seperti sebelumnya.

 

Disinilah peran audit manajemen pemasaran yang akan mencegah segala kemungkinan buruk seperti yang disebutkan di atas. Pemasaran bisa terorganisir lebih rapi dengan hasil yang lebih memuaskan. Secara sederhana, audit pemasaran ini menjadi pendekatan yang terstruktur untuk bisa mengumpulkan dan menggali data atau informasi dalam lingkungan bisnis yang terbilang rumit sehingga didapati pemecahan masalah yang baik.

 

Bentuk-Bentuk Audit Manajemen Pemasaran

 

Seperti yang telah disinggung di atas, bentuk audit ada dua yaitu pertama audit eksternal. Ini adalah bentuk audit yang berhubungan dengan variable yang tidak dapat diperkirakan langsung oleh perusahaan. Misalkan saja contoh variable pasar, persaingan, lingkungan dan lain sebagainya. Dalam bentuk ini dimulai dengan melakukan pengujian informasi mengenai apa yang terjadi terhadap perekonomian perusahaan secara umum. Selanjutnya adalah dengan melihat pertumbuhan pasar dan potensinya di masa mendatang.

 

Kedua adalah audit internal yaitu yang berhubungan dengan variable yang bisa diperkirakan langsung secara penuh segala masalahnya. Tujuan dari audit internal ini adalah menilai sumber daya organisasi dengan lingkungan dan sumber daya pesaing untuk memudahkan pencapaian tujuan.

 

Demikianlah ulasan mengenai audit manajemen pemasaran, mulai dari ari, tujuan, peran pentingnya untuk sebuah perusahaan hingga bentuk-bentuknya yang memiliki fungsi berbeda-beda. Nah bagi Anda yang ingin proses pemasaran berjalan dengan baik tanpa kedala, ada baiknya Anda mulai menerapkan audit manajemen pemasaran diawal. Bukan menunggu ketika segalanya telah menjadi masalah, karena itulah yang nantinya akan membuat Anda rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *