Jasa Audit Manajemen Pemasaran Mencakup 6 Lingkup Wilayah Utama

Jasa audit manajemen pemasaran memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis di perusahaan. Dalam proses pemasaran memang tidak selalu berjalan lancar, terkadang terdapat beberapa kendala yang menjadikan pemasaran tidak memenuhi target. Inilah yang menjadi salah satu penyebab kemunduran sebuah perusahaan.

 

Dengan jasa audit maka proses pemasaran bisa dibuat lebih terorganisir mulai dari akar-akarnya sehingga kemungkinan besar pemasaran bisa berjalan dengan lebih baik. Perlu diketahui bahwa ada 6 lingkung wilayah utama yang diberikan oleh jasa audit manajemen pemasaran, berikut ini adalah penjelasannya.

 

Ruang Lingkup Utama Audit Pemasaran

 

  1. Audit lingkungan pemasaran

Jasa audit manajemen pemasaran yang memberikan pelayanan dalam bidang ini akan melakukan penilaian terhadap pesaing, pelanggan dan berbagai factor lain yang dirasa memberikan banyak pengaruh untuk perusahaan. Audit ini mencakup lingkungan makro seperti teknologi, ekonomi, politik dan sosial.

  1. Audit strategi pemasaran

Audit ini memiliki tujuan bahwa setiap perusahaan sudah menetapkan strategi yang disesuaikan dengan  lingkungan yang dihadapi atau sesuai dengan tujuan perusahaan itu sendiri. Beberapa perusahaan terkadang tidak memiliki tujuan tersebut, sehingga jasa audit manajemen pemasaran nantinya akan menanyakan kembali apa saja tujuan yang ingin dicapai perusahaan untuk kepentingan evaluasi, tentunya secara lebih jelas dan lengkap.

  1. Audit organisasi pemasaran

Dalam bagian ini terjadi penilaian atas kemampuan organisasi pemsaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Jasa audit manajemen pemasaran akan melihat kemampuan tim pemasaran apakah mereka bisa melakukan pekerjaan yang baik termasuk interaksi mereka kepada keuangan, pembelian atau litbang.

  1. Audit sistem pemasaran

Jasa audit manajemen pemasaran akan melakukan analisis terhadap prosedur yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan berbagai informasi pengendalian serta perencanaan pemasaran. Tujuan dari audit ini adalah untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan sudah menggunakan metode atau prosedur yang tepat dalam melakukan pemasaran.

  1. Audit produktivitas pemasaran

Di bagian ini aka dilakukan analisis terhadap profritabilitas dan produktivitas produk, kelompok pangan atau jenis analisis lain yang bersangkutan dengan pemasaran. Untuk menganalisis keduanya maka dilakukan dengan melihat biaya pemasaran yang terjadi saat ini.

  1. Audit fungsi pemasaran

Jasa audit manajemen pemasaran akan melakukan analisis secara mendalam untuk setiap element yang berhubungan dengan pemasaran seperti tenaga penjual, promosi, periklanan, harga distribusi dan lain sebagainya.

 

Memilih Melayani Segmen Pasar Tertentu

 

Dalam mencapai pemasaran yang maksimal, perusahaan menyadari bahwa mereka tidak mampu menjangkau seluruh konsumen yang ada di pasar. Ada banyak sekali konsumen dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Dalam situasi ini maka perusahaan lebih memilih untuk menentukan segmen pasar sendiri dengan tahap-tahapan berikut ini :

 

  1. Segmentasi pasar dikelompokkan berdasarkan karakteristik, kebutuhan atau perilaku yang sama. Dalam bagian ini segmen pasar dilihat dari factor fisikografis, demografis, geografis dan perilaku.
  2. Melakukan evaluasi setiap daya tarik segmen pasar yang akan dimasuki. Jadi perusahaan lebih focus pada apa yang mereka miliki kemudian memaksimalkannya.
  3. Menentukan posisi pasar yaitu tempat dimana produk tersebut benar-benar layak berada disana. Dengan penempatan yang tepat maka pemasaran bisa berjalan lebih baik.

 

Itulah beberapa informasi mengenai ruang lingkup jasa audit manajemen pemasaran serta pembagian segmen pasar yang tepat yang sekiranya mampu dijangkau perusahaan. Jika audit pemasaran ini dijalankan dengan tepat maka target pemasaran akan terpenuhi dengan mudah sehingga perusahaan bisa berkembang cepat.

 

Untuk perusahaan yang memang tidak bisa melakukan audit pemasaran sendiri, baiknya mereka mempercayakan pada pihak yang berkompeten meski dengan biaya yang cukup mahal yang terpenting sesuai dengan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *