Inilah Langkah yang Dilakukan Jasa Audit Progres Bangunan yang Perlu Anda Ketahui

Audit progres bangunan dilakukan untuk mengetahui perkiraan nilai prosentase pekerjaan yang telah dilakukan serta dibandingkan dengan jumlah total dari penyelesaian pekerjaan secara keseluruhan. Selain itu dari proses audit ini akan diketahui pula kemungkinan keterlambatan dalam melaksanakan proses pembangunan sehingga secara awal dapat dilakukan upaya untuk meminimalisir adanya kemungkinan buruk yang akan terjadi selama proses pembangunan proyek. Kegiatan audit ini agar lebih tepat sebaiknya dilakukan oleh jasa audit progres bangunan.

Untuk melakukan audit progres bangunan ini bukanlah pekerjaan yang mudah karena selain harus mengetahui secara detail mengenai langkah audit yang benar, Anda juga dituntut untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bangunan dan proyek. Oleh karena itu bagi Anda yang membutuhkan audit progres bangunan, maka bisa menggunakan jasa audit progres bangunan.

Hadirnya jasa audit progres bangunan ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk memeriksa progres pekerjaan bangunan yang Anda sedang laksanakan. Untuk mengetahui progres bangunan, maka perlu dilakukan perhitungan dengan menghitung volume pekerjaan yang telah dikerjakan dibagi dengan volume total pekerjaan lalu dikalikan 100%.

Dalam menjalankan tugasnya, jasa audit progres bangunan harus melakukan langkah-langkah audit secara tepat dan benar. Untuk menambah wawasan Anda mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan jasa audit progres bangunan, maka berikut ini akan diberikan penjelasan langkah-langkahnya.

  1. Mendapatkan dokumen yang berisi kontrak, gambar shop drawing, gambar perencanaan serta bila perlu dokumen addendum pekerjaan.
  2. Mendapatkan jadwal pelaksanaan serta realisasi pelaksanaan proyek hingga nantinya akan diperoleh hasil akhir yang berupa prestasi kerja. Prestasi kerja tersebut bisa berupa pekerjaan yang selesai tepat waktu, terlambat atau selesai lebih cepat. Prestasi juga bisa diberikan secara mingguan.
  3. Membuat rincian yang berisi item pekerjaan yang terdapat di dalam proyek bangunan. Item pekerjaan ini bisa berupa pekerjaan sloof, pemasangan dinding bantu batu, pemasangan pondasi batu kali dan lain sebagainya.
  4. Dari masing-masing item pekerjaan tersebut, maka akan dihitung pula besar volume serta harga total. Dimana data volume ini didasarkan pada nilai progres sebanyak 100%.
  5. Dalam proses pembangunan ini pasti akan ada pekerjaan yang belum dikerjakan dan yang telah dikerjakan. Dari pekerjaan tersebut, maka bisa dihitung besar volume pekerjaan yang telah berhasil dan selesai dikerjakan.
  6. Berdasarkan data volume pekerjaan yang telah dihitung, maka akan diketahui prosentase progresnya dalam hal ini sesuai dengan tugas jasa audit progres bangunan.
  7. Prosentase progres yang telah dihitung nantinya akan digunakan untuk menghitung sisa nilai pekerjaan yang belum dikerjakan.
  8. Berikutnya akan dihitung kemungkinan munculnya keterlambatan dalam proses pengerjaan bangunan dari sisa waktu yang masih ada. Kemudian bandingkan kemungkinan tersebut dengan prestasi maksimal mingguan yang ada. Dari hal tersebut, maka akan bisa ditemukan prediksi prestasi yang bisa diperoleh selama jangka waktu kontrak yang masih berlaku.

 

Dari langkah tersebut, maka jasa audit progres bangunan dapat menghitung progres untuk satu item proyek. Oleh karena itu dalam satu proyek secara menyeluruh harus dihitung satu persatu setiap item pekerjaan hingga nantinya akan diketahui total nilai progres keseluruhan. Dalam melakukan perhitungan ini juga dibutuhkan data yang akurat sehingga hasilnya juga dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan yang ada di lapangan.

Itulah penjelasan mengenai langkah yang dilakukan jasa audit progres bangunan yang perlu Anda ketahui. Berdasarkan penjelasan di atas, tugas dari jasa audit progres bangunan dapat dilihat berdasarkan langkah-langkah yang dilakukan dalam pekerjaannya sehingga akan menghasilkan nilai progres yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *